Melacak Jejak Karbon Penggunaan Laptop: Ada Dampak Negatifnya pada Lingkungan yang Terlupakan | Telkomsel
BAGIKAN

Melacak Jejak Karbon Penggunaan Laptop: Ada Dampak Negatifnya pada Lingkungan yang Terlupakan

Article
Melacak Jejak Karbon Penggunaan

Jejak karbon adalah jumlah karbon atau gas emisi yang dihasilkan dari berbagai aktivitas manusia pada kurun waktu tertentu. Jejak karbon memiliki dampak buruk bagi lingkungan, diantaranya yang paling signifikan yaitu pemanasan global.

 

Nah, tahukah kamu bahwa penggunaan laptop ternyata menghasilkan jejak karbon yang berdampak negatif terhadap lingkungan. Ada jejak karbon sebesar 433 gCO2e yang kita hasilkan setiap kali menggunakan laptop minimal 8 jam per hari. Setiap kali kita menggunakan laptop ternyata ada emisi karbon dioksida (CO2) yang dihasilkan, lho.

 

Meskipun terlihat kecil, menggunakan laptop yang terhubung ke layanan cloud sebagai pusat data juga memiliki dampak terciptanya jejak karbon tak langsung, dimana akan memerlukan energi untuk menyalakan dan mendinginkan secara simultan. Enggak nyangka, ya? Sesuatu yang terlihat remeh, ternyata bisa memberikan dampak serius terhadap bumi kita.

 

Dampaknya pun begitu terasa, terutama dalam konteks pemanasan global. Jadi, ketika kita melepaskan gas karbon dioksida ke udara, gas tersebut menangkap panas dari matahari dan membuat bumi kita jadi lebih panas. Itulah yang turut berdampak pada perubahan iklim yang kita rasakan sekarang ini.

 

Oleh karena itu, langkah-langkah sederhana seperti mematikan laptop saat tidak digunakan, cabut daya listrik apabila baterai terisi penuh, hingga buat rencana pengelolaan daya laptop yang lebih efisien bisa memberikan kontribusi nyata dalam mengurangi jejak karbon.

 

Dengan meningkatkan kesadaran dan mengadopsi kebiasaan yang lebih ramah lingkungan, kita dapat memastikan bahwa teknologi tetap memberi manfaat tanpa menghasilkan dampak negatif terhadap lingkungan.

 

Selain itu, mengambil bagian dalam inisiatif seperti #JejakKebaikan dari Telkomsel Poin juga dapat membantu mengurangi jejak karbon secara kolektif. Dengan bergabung menjadi bagian dari #JejakKebaikan, kita tidak hanya berkontribusi dalam menjaga keberlanjutan bumi, tetapi juga membantu memerangi perubahan iklim.

 

Jadi, mari sama-sama mengambil langkah untuk mengurangi jejak karbon kita dan wujudkan masa depan bumi yang lebih hijau dan berkelanjutan!

 


Kalau kamu, berapa jejak karbon harianmu? Yuk, kunjungi tsel.id/jagabumi dan cek apa yang bisa kamu konversikan menjadi hal yang bermanfaat.