Cara Cerdas Lawan Hoaks di Internet, Simak Yuk! | Telkomsel
BAGIKAN

Cara Cerdas Lawan Hoaks di Internet, Simak Yuk!

Article
Cara Cerdas Lawan Hoaks

Kehadiran internet membuat semua orang bisa mendapatkan akses informasi dengan mudah dan cepat. Internet juga bisa dijadikan sarana hiburan murah yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja.

 

Tidak bisa dipungkiri bahwa kemajuan teknologi komunikasi yang semakin masif mempermudah interaksi sosial. Kini komunikasi dan interaksi bisa dilakukan tidak hanya melalui bertatap muka secara langsung, tapi juga bisa lewat media sosial seperti Instagram, X, Facebook dan berbagai platform media sosial lainnya.

 

Namun, terkadang kita seringkali terlena dan buru-buru menyebarkan berita atau informasi yang didapat tanpa mengecek kebenarannya. Karena itu, kita harus terliterasi dengan baik agar tidak terpapar hoaks.

 

Di momen pesta demokrasi ini kita juga perlu meningkatkan kewaspadaan dalam menerima dan mengakses informasi. 

 

Baca Juga: Lewat InternetBAIK Telkomsel Gaungkan Kesadaran Literasi Digital untuk Ekosistem Digital yang lebih Baik

 

Karena penyebaran berita bohong atau hoaks bisa berdampak buruk pada kehidupan pribadi, yuk intip beberapa kiat cerdas melawan hoaks di internet!

 

  • Verifikasi Informasi dan Cek Fakta 

Saat membaca berita atau informasi dari media sosial, pastikan selalu melakukan verifikasi terlebih dahulu. Gunakan sumber yang terpercaya untuk memastikan kebenaran informasi yang diterima.

 

Kamu juga bisa memanfaatkan situs web cek fakta resmi dan terpercaya untuk memeriksa kebenaran berita atau informasi sebelum mempercayainya.

 

  • Periksa Sumber, Tanggal, dan Konteks

Jangan buru-buru mempercayai informasi yang kamu dapatkan, cek lagi sumbernya berasal dari situs yang dikenal atau tidak. Lalu, jangan lupa periksa tanggal berita dan konteksnya, ya!

 

Sebab, terkadang hoaks dapat muncul karena informasi yang sudah kadaluarsa atau diambil dari konteks aslinya.

 

Baca Juga: Telkomsel Pastikan Data Pelanggan Tetap Aman

 

  • Beri Edukasi untuk Orang Sekitar 

Edukasi masyarakat tentang risiko hoaks dan pentingnya memeriksa kebenaran informasi sebelum menyebarkannya. Edukasi bisa dilakukan lewat dua cara, yaitu secara langsung dan melalui media sosial.

 

Terkait pentingnya meminimalisir akses dan penyebaran hoaks, Telkomsel juga hadir dengan program Internet BAIK yang senantiasa mengedukasi para pengguna media sosial agar lebih bijak saat berselancar di internet.

 

Internet BAIK tidak hanya sekadar memberi edukasi bagaimana agar tidak terpapar hoaks, tapi juga mengajak pengguna internet untuk menebar konten positif yang bertanggung jawab, aman, inspiratif dan kreatif.

 

  • Laporkan Hoaks

Kalau kamu menerima informasi yang terindikasi hoaks, langsung laporkan ke situs website cek fakta yang terpercaya seperti turnbackhoax.id, cekfakta.com dan stophoax.id.

 

Kamu juga bisa melaporkan hoaks ke chatbot telegram Kementerian Komunikasi dan informasi (Kominfo) RI di @chatbotantihoaks atau mengecek laporan hoaks di website Kominfo.go.id.

 

Untuk media sosial, bisa memanfaatkan fitur report yang tersedia di setiap konten. Kemudian, bila mendapati informasi atau berita hoaks di Google, bisa menggunakan fitur feedback.

 

Itulah cara cerdas melawan hoaks yang bisa kamu lakukan, terutama untuk mewujudkan Pemilu 2024 yang damai dan lancar. Jadi, pastikan kamu harus ekstra hati-hati ya saat mencerna dan membagikan informasi di internet biar tidak tergiring black campaign dan informasi palsu yang merugikan.