Perjalanan Layanan Broadband di Indonesia: Hadirkan Koneksitas Antar Generasi Tanpa Batas | Telkomsel
BAGIKAN

Perjalanan Layanan Broadband di Indonesia: Hadirkan Koneksitas Antar Generasi Tanpa Batas

Article
Menjelajahi jejak internet broadband di Indonesia

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa perubahan besar dalam kehidupan sehari-hari, dan salah satu aspek utama adalah konektivitas internet. Di Indonesia, layanan broadband telah menjadi tulang punggung bagi konektivitas digital, memungkinkan akses yang cepat dan tak terbatas ke berbagai sumber daya dan layanan online

 

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi perjalanan layanan broadband di Indonesia, dengan fokus pada kontribusi yang diberikan oleh Telkomsel.

 

Fixed Broadband: Membawa Internet ke Rumah

 

Pada awalnya, jaringan komputer pertama (internet) masuk di Indonesia  pada tahun 1980-an dengan menggunakan fasilitas dial-up yang disebut dengan UNInet. Pengembangannya melibatkan lima universitas, yakni Universitas Indonesia, UT, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, dan Institut Teknologi Surabaya.

 

Memasuki awal tahun 1990an awal layanan internet fixed broadband makin tumbuh. Semakin banyak Internet Service Provider komersial bermunculan dengan memanfaatkan teknologi Dial up dan ADSL pada kurun 1994 hingga awal 2000an. Di era ini, Telkom mendorong layanan Telkomnet@Instan untuk menjawab kebutuhan koneksi internet yang lebih mumpuni dengan memanfaatkan jaringan telepon atau Public Switched Telephone Network (PSTN). Meski kecepatan data yang bisa disediakan hanya 56-64 Kbps, Layanan ini cukup populer hingga sekitar 2005.

 

Pada tahun 2004, Telkom memperkenalkan layanan Speedy yang menggunakan teknologi serat optik (FTTH atau fiber to the home). Layanan ini bisa memberikan kecepatan transfer data yang lebih tinggi, mulai dari 1 hingga 100 Mbps. 

 

Pada tahun 2015, layanan Speedy dihentikan oleh Telkom selaku induk perusahaan dan kemudian berubah menjadi IndiHome. Layanan ini mengusung paket bundling triple play (service and infrastructure convergence) yang menggabungkan layanan broadband, TV kabel, dan telepon tetap dalam satu koneksi.  Sebagai layanan fixed broadband terbesar di Indonesia, IndiHome berusaha menghadirkan pengalaman terlengkap untuk penuhi kebutuhan aktivitas digital segmen rumah tangga.

 

Indihome Telkomsel

 

Wireless Broadband: Menghubungkan dengan Kebebasan 

 

Sementara itu, pengembangan teknologi wireless telekomunikasi membawa revolusi dalam akses internet broadband nirkabel. Dengan munculnya teknologi 2G pada tahun 1990-an, akses data dan internet melalui jaringan seluler mulai menjadi kenyataan di Indonesia. 

 

Kemudian, dengan pengenalan teknologi 3G, 4G/LTE, dan 5G, layanan broadband nirkabel semakin berkembang pesat. Telkomsel terus berinovasi dan memperluas jangkauan broadband ke seluruh penjuru negeri. Kecepatan dan kualitas koneksi yang semakin baik mendorong perubahan gaya hidup masyarakat dalam mengakses internet di aktivitas sehari-hari.

 

Telkomsel Memimpin Perkembangan Broadband di Indonesia

 

Sebagai bagian dari perjalanan layanan broadband di Indonesia, Telkomsel telah berperan penting dalam menghubungkan masyarakat dengan teknologi telekomunikasi berbasis data/internet. Telkomsel telah meluncurkan berbagai produk dan layanan broadband yang inovatif, dengan fokus pada meningkatkan kecepatan, cakupan, dan kualitas layanan.

 

Dalam upaya untuk memenuhi kebutuhan pengguna, Telkomsel terus mengembangkan infrastruktur jaringan dan terus meningkatkan pemanfaatan teknologi terbaru untuk menghadirkan konektivitas broadband yang lebih baik. Telkomsel terus memperluas jaringan 4G/LTE dan membawa jaringan 5G pertama ke Indonesia untuk kecepatan dan kualitas internet yang kian mumpuni dan mendorong pemanfaatannya di sektor layanan publik dan industri.

 

Dalam perjalanan ini, Telkomsel juga telah menjalin kemitraan dengan produsen perangkat dan penyedia konten untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam menggunakan layanan broadband. Mereka terus berinovasi dengan meluncurkan paket data dengan harga terjangkau, menyediakan layanan streaming video, dan mengintegrasikan layanan broadband dengan layanan lain, seperti e-commerce, pembayaran digital dan produk gaya hidup digital lainnya.

 

Dalam perkembangan layanan broadband di Indonesia, akses internet yang inklusif menjadi semakin penting seiring meningkatnya penetrasi internet dan bertambahnya jumlah perangkat yang terhubung. Telkomsel dan operator telekomunikasi lainnya berperan penting dalam memastikan bahwa akses internet tersedia untuk semua lapisan masyarakat, baik di perkotaan maupun di pedesaan.

 

Melalui perjalanan layanan broadband di Indonesia, Telkomsel terus berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman berinternet yang seamless dan unbreakable bagi pengguna mereka. Dengan terus mengembangkan infrastruktur, meningkatkan kecepatan dan cakupan jaringan, serta meluncurkan inovasi baru, Telkomsel berusaha memenuhi kebutuhan dan harapan pengguna dalam menghadapi tantangan era digital yang terus berkembang.

 

Dalam dunia yang semakin terhubung, layanan broadband menjadi tulang punggung bagi kemajuan teknologi dan perkembangan ekosistem digital bangsa. Dengan adanya akses internet yang cepat, handal, dan inklusif, kita dapat mengoptimalkan potensi digital untuk meningkatkan kualitas hidup dan menciptakan masa depan yang lebih baik. Telkomsel dan perjalanan layanan broadband di Indonesia telah membantu kita mewujudkan visi tersebut, dan nantikan inovasi dan perkembangan yang lebih menarik di masa mendatang.