Teknologi Smartphone Makin Canggih: Intip Tren Terbaru di Tahun 2024! | Telkomsel
BAGIKAN

Teknologi Smartphone Makin Canggih: Intip Tren Terbaru di Tahun 2024!

Article
Intip Tren Terbaru di Tahun 2024

Mulai dari desain lipat hingga integrasi kecerdasan buatan (AI), ponsel pintar (smartphone) terus mengalami perkembangan yang signifikan. Industri ponsel terus berinovasi memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik setiap tahunnya. Tidak terkecuali di tahun 2024, dengan hadirnya teknologi baru yang akan membawa terobosan baru bagi ponsel pintar masa kini.

 

Yuk, kita bahas beberapa tren utama ponsel pintar di tahun 2024:

 

1. Era Smartphone Lipat

 

Smartphone lipat telah mencuri perhatian sejak beberapa tahun ke belakang. Smarthone tipe ini menjanjikan fleksibilitas dalam hal ukuran. Pengguna dapat menyimpan dan menggunakannya di mana saja dengan lebih mudah. Dilengkapi desain inovatif dan fungsionalitas menarik, pengguna bisa menikmati pengalaman layar smartphone yang lebih luas serta menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan di satu tampilan.

 

Seiiring meningkatnya permintaan konsumen, produsen ponsel semakin gencar meluncurkan produk smartpone terbaru dalam kategori ini. Peningkatan kualitas dan daya tahan ponsel lipat akan terus mengalami perkembangan dari tahun ke tahun.

 

Intip Tren Terbaru di Tahun 2024

 

2. Teknologi AI yang Mengubah Pengalaman Pengguna

 

AI bukan lagi teknologi asing di perangkat pintar. Teknologi ini akan semakin terintegrasi lebih dalam ke berbagai fitur ponsel, meningkatkan berbagai aspek seperti kamera, keamanan, asisten virtual, hingga manajemen daya baterai. Integrasi ini tidak hanya meningkatkan kinerja perangkat, tapi mengubah cara kita berinteraksi dengan teknologi.

 

Berikut adalah beberapa keunggulan teknologi AI di smartphone:

 

  • Kamera Pintar dan Fotografi

Di dunia fotografi smartphone, AI telah memainkan peran besar dalam meningkatkan kualitas gambar. Kemampuan pengenalan objek, pemrosesan gambar, dan penyesuaian otomatis akan mengubah cara pengguna mengambil foto, membuatnya lebih mudah, dan menghasilkan hasil yang lebih memuaskan.

 

  • Keamanan dan Pengenalan Wajah

Fitur keamanan, seperti pengenalan wajah menggunakan teknologi AI telah menggantikan metode tradisional seperti pengenalan sidik jari. Kecepatan dan akurasi pengenalan wajah yang ditingkatkan memberikan lapisan keamanan ekstra pada smartphone.

 

  • Asisten Virtual dan Pengenalan Suara

Asisten virtual yang didukung oleh teknologi AI, seperti Siri, Google Assistant, dan Bixby, telah menjadi bagian integral dari pengalaman pengguna. Pengenalan suara yang semakin baik dan pemahaman konteks membantu pengguna untuk menjalankan tugas atau mendapatkan informasi dengan lebih efisien.

 

 

3. Smartphone Ramah Lingkungan untuk Masa Depan Berkelanjutan

 

Dengan meningkatkanya kesadaran masyarakat akan isu lingkungan, produsen smartphone ikut beradaptasi menciptakan perangkat yang berkelanjutan. Konsep smartphone ramah lingkungan tidak hanya berkaitan dengan kinerja perangkat, tetapi juga berdampak positif bagi menjaga keberlangsung bumi di masa mendatang.

 

Di tahun 2024 akan ada lebih banyak smartphone yang terbuat dari bahan ramah lingkungan yang dapat terurai. Produksi perangkat juga akan beralih mempertimbangkan proses yang ramah lingkungan, seperti penggunaan energi terbarukan, pengurangan limbah, dan metode produksi yang lebih efisien untuk mengurangi jejak emisi karbon.

 

Selain itu, untuk mengurangi limbah elektronik, produsen akan lebih mempertimbangkan upgrade pembaruan perangkat lunak yang dapat meningkatkan umur pakai perangkat.

 

4. Konektivitas Optimal Jaringan 5G di Ujung Jari

 

Teknologi jaringan 5G memang bukan hal baru, Telkomsel telah meluncurkan layanan 5G pada tahun 2021 dan terus mengembangkan layanan ini secara bertahap dan terukur ke berbagai wilayah Indonesia.

 

Di tahun 2024, smartphone keluaran terbaru akan mendukung koneksi internet hyper 5G. Ponsel kelas menengah hadir dengan akses ke jaringan 5G, membuka pengalaman digital pelanggan secara lebih optimal. Streaming video 8K, augmented reality, dan virtual reality bukan lagi sekadar mimpi.

 

Kemajuan 5G tidak hanya mengenai kecepatan internet yang tinggi, namun tentang efisiensi dan kemampuan mendukung inovasi teknologi masa depan. Telkomsel sendiri terus mengembangkan jaringan 5G secara bertahap dan terukur di berbagai wilayah Indonesia.

 

Intip Tren Terbaru di Tahun 2024

 

5. Smartphone Harga Terjangkau, Teknologi untuk Semua

 

Saat ini, ponsel pintar bukan lagi barang mewah yang hanya dapat dinikmati segelintir kalangan. Variasi smartphone harga terjangkau semakin banyak tersedia, tentunya dengan fitur dan kualitas yang tak kalah tandingan.

 

Meskipun tidak dilengkapi dengan spesifikasi paling canggih, smartphone harga terjangkau menawarkan fungsionalitas dasar yang mencukupi untuk menunjang aktivitas digital. Hal ini akan membuka akses bagi lebih banyak masyarakat untuk merasakan manfaat dari teknologi di kehidupan sehari-hari.

 

Dengan budget mulai dari Rp3 juta, kamu bisa mendapatkan pilihan smartphone dengan spesifikasi dasar seperti kapasitas RAM mulai 8GB, kepasitas memori 128 GB hingga 256 GB, dan kamera 48 MP hingga 108 MP.

 

Itulah lima prediksi tren yang akan mendominasi pasar smartphone di 2024. Tahun ini akan menjadi tahunnya smartphone penuh terobosan, terlebih dengan integrasi AI.

 

Bagaimana tertarik untuk menjajal smartphone keluaran terbaru? Kamu bisa mendapatkan  smartphone impianmu dengan penawaran paket bundling Telkomsel dengan mengunjungi TShop atau mengakses aplikasi MyTelkomsel.