Telkomsel Jaga Bumi Tanam 2000 Cemara Laut di Pesisir Karawang Demi Lestarikan Ekosistem Pantai | Telkomsel
BAGIKAN

Telkomsel Jaga Bumi Tanam 2000 Cemara Laut di Pesisir Karawang Demi Lestarikan Ekosistem Pantai

Article
Telkomsel Jaga Bumi Tanam 2000 Cemara Laut di Pesisir Karawang

Karyawan Telkomsel dan teman-teman Magang Kampus Merdeka kembali melakukan aksi jaga bumi. Lewat kegiatan Employee Voluntary Program (EVP), para peserta sangat antusias dalam upaya kepedulian terhadap perubahan iklim.

 

Telkomsel secara aktif memaksimalkan peran dan tanggung jawab sosial perusahaan dalam menjaga kelestarian bumi. Salah satunya dengan berkolaborasi dengan Jejak.in dalam mengimbangi jejak karbon yang timbul dari aktivitas harian dengan melakukan penanaman pohon (Carbon Offset).

 

Telkomsel Jaga Bumi secara aktif memaksimalkan peran dan tanggung jawab sosial perusahaan dalam menjaga kelestarian bumi.

 

Sekitar 2.000 pohon cemara laut ditanam di Desa Tanjung Pakis, Karawang, Jawa Barat pada Sabtu (7/10). Penanaman ini merupakan keberlanjutan program Carbon Offset yang melibatkan pelanggan Telkomsel dalam upaya penghijauan kawasan pesisir dengan mengkonversi Telkomsel Poin yang dimiliki. 

 

Penanaman pohon cemara laut bertujuan untuk meminimalisir dampak yang ditimbulkan dengan adanya pemanasan global. Bukan tanpa alasan, pohon cemara laut dipilih karena karakter akar yang kuat dan mampu mengikat tanah dan menyerap air. Harapannya dapat mencegah abrasi hingga erosi pantai dimana batas air laut saat ini sudah semakin dekat dengan pemukiman warga.

 

Pohon cemara laut di sepanjang pesisir pantai dapat berfungsi sebagai habitat bagi spesies flora dan fauna di kawasan pantai dan melindungi kawasan tersebut dari resiko banjir, badai, dan potensi gelombang tinggi atau tsunami menghantam bibir pantai. Lebih lanjut, tanaman ini dapat memperbaiki kualitas udara, meningkatkan keindahan pantai, sehingga menjadi daya tarik  tersendiri bagi pariwisata yang bisa memberikan nilai tambah bagi warga sekitar.

 

Sebelum proses penanaman, Jejak.in memberikan edukasi terkait penanaman pohon cemara laut yang benar kepada para peserta. Manfaat pohon cemara laut juga dipaparkan secara singkat, yang mana pohon ini merupakan tanaman healing karena aromanya yang bisa meredakan stres.

 

Baca Juga:  Inisiatif Telkomsel Jaga Bumi Tanam 15.060 Pohon di Kawasan Hutan Mangrove Indonesia

 

Telkomsel Jaga Bumi turut melibatkan petani lokal untuk mendapatkan bibit pohon cemara laut. Saat ini Telkomsel sendiri sudah menanam sekitar 14.000 pohon mangrove dan cemara laut yang tersebar di beberapa kota seperti Jakarta, Kendal, Cilacap, Demak, hingga Denpasar. Program ini diharapkan dapat berlanjut dengan mengajak keterlibatan masyarakat, khususnya pelanggan Telkomsel, dalam menjaga keberlangsungan bumi.


 

“Program Jaga Bumi ini masih terus kita jalankan, dimana pelanggan dapat terlibat bersama-sama menjaga bumi dengan melakukan donasi melalui My Telkomsel yang menyediakan menu penghitungan jejak karbon dari Jejak.in untuk mengetahui berapa karbon yang kita hasilkan. Kemudian di menu tersebut kita bisa memilih untuk melakukan donasi lewat Telkomsel Poin yang dikumpulkan,” jelas Manager CSR Environment and Ecosystem, Gumilar Henda Nugraha Ali.

 

Masyarakat Desa Tanjung Pakis menyambut baik kegiatan yang dilakukan Telkomsel. Mereka ikut ambil bagian dan antusias dengan kegiatan penanaman yang dilakukan. Mereka berharap program ini akan terus berlanjut dan membawa dampak positif bagi masyarakat kawasan pesisir.

 

Kepala Desa Tanjung Pakis, Karyo mengatakan, “Dengan adanya penanaman Pohon Cemara Laut di Desa Tanjung Pakis, kami berharap pohon ini tidak hanya tumbuh dan berkembang, namun dapat terjaga sehingga bisa menahan air agar tidak sampai ke pemukiman warga. Kami juga berharap program seperti ini bisa terus ada dan membuka peluang kolaborasi dengan berbagai pihak dalam menghadirkan solusi bagi lingkungan.”

 

Baca Juga: Telkomsel Jaga Bumi, Upaya Berkelanjutan untuk Jaga Kelestarian Lingkungan Hidup

 

Telkomsel Jaga Bumi akan terus mengajak berbagai pihak serta kalangan untuk berkolaborasi dan peduli terhadap perubahan iklim. Salah satu upaya yang telah dilakukan Telkomsel adalah melakukan pengolahan sampah plastik kemasan SIM Card di wilayah Bali dan Bogor.

 

Ke depan, Telkomsel akan berusaha selalu melibatkan peran aktif masyarakat termasuk para pelanggan dengan menukarkan Telkomsel Poin. Nantinya poin tersebut akan dikonversi menjadi pohon mangrove atau cemara laut dalam program Carbon Offset.

 

Dengan menukarkan Telkomsel Poin yang dimiliki, kamu ikut berkontribusi untuk menyelamatkan lingkungan. Satu poin kamu berharga untuk menjaga kelestarian bumi kita!