Telkomsel Ventures Pimpin Pendanaan Startup Tictag, Akselerasikan Pertumbuhan Ekosistem Inovasi Digital dan Teknologi AI di Indonesia dan Asia | Telkomsel
BAGIKAN

Telkomsel Ventures Pimpin Pendanaan Startup Tictag, Akselerasikan Pertumbuhan Ekosistem Inovasi Digital dan Teknologi AI di Indonesia dan Asia

Article
Telkomsel Ventures Pimpin Investasi di Startup Tictag

  • Telkomsel Ventures sebagai unit investasi Telkomsel memimpin putaran investasi terbaru di Tictag, bersama dengan M Venture Partners, East Ventures, Investible, dan SBI Ven Capital.
  • Pendanaan terbaru tersebut akan digunakan untuk memperluas jangkauan pasar, baik di Indonesia maupun di seluruh kawasan Asia yang sedang berkembang pesat.
  • Langkah ini semakin menegaskan komitmen Telkomsel Ventures untuk membuka peluang kolaborasi guna akselerasi pertumbuhan ekosistem inovasi digital yang dapat mendorong transformasi digital Indonesia.

 

Jakarta, 15 Juli 2024 – Telkomsel sebagai perusahaan digital telco terdepan di Indonesia, melalui Telkomsel Ventures memimpin pendanaan di startup Tictag yang merupakan data-centric AI company. Pendanaan tersebut dilakukan Telkomsel Ventures bersama M Venture Partners, East Ventures, Investible, dan SBI Ven Capital. Aksi korporasi ini merupakan wujud komitmen Telkomsel melalui Telkomsel Ventures dalam membuka peluang kolaborasi untuk mempercepat pertumbuhan ekosistem inovasi digital, mendorong transformasi digital Indonesia, serta mengembangkan pemanfaatan teknologi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) AI di Indonesia dan Asia. Inisiatif strategis ini selaras dengan semangat Indonesia yang menginspirasi Telkomsel untuk mendorong kemajuan teknologi di berbagai sektor industri.

 

Tictag, perusahaan rintisan dengan komitmen mendalam untuk mengembangkan AI berkualitas tinggi yang mudah dijangkau oleh semua, telah memulai perjalanannya dengan inovasi utama dalam menyederhanakan proses pengumpulan dan anotasi data. Tictag merancang platform crowdsourcing berbasis aplikasi untuk memecah tugas-tugas menjadi unit-unit yang dapat dikelola dengan efisien. Dalam beberapa tahun terakhir, Tictag telah memperluas jangkauannya, mengembangkan kemampuan AI terapan yang difokuskan pada analisis data serta menawarkan layanan konsultasi yang unggul.

 

CEO Telkomsel Ventures, Mia Melinda mengatakan, “Kualitas dan kinerja kecerdasan buatan AI sangat bergantung pada data yang digunakan untuk melatihnya. Oleh karena itu, investasi strategis kepada Tictag dilakukan berdasarkan analisis atas kemampuan Tictag dalam membuka potensi AI secara utuh melalui data training berkualitas tinggi yang mempercepat pengumpulan, pelabelan, dan pemrosesan data untuk membantu perusahaan dalam meningkatkan efisiensi, hal ini sejalan dengan salah satu fokus sektor di Telkomsel Ventures yakni emerging technologies. Sebagai investor terdepan di ekosistem startup, investasi ini merupakan salah satu langkah penting Telkomsel Ventures dalam mewujudkan visi dan misi Telkomsel untuk mendorong akselerasi ekosistem digital nasional serta meningkatkan perekonomian digital Indonesia.”

 

Co-Founder dan CEO Tictag, Kevin Quah mengatakan, “Kami berterima kasih kepada Telkomsel Ventures yang telah mendukung kami dalam mengembangkan keahlian, pengetahuan, dan akses secara signifikan untuk memperluas dampak kami di pasar Asia. Bagi kami, Indonesia merupakan basis talenta AI yang berkembang pesat dan pasar yang sangat siap untuk mengadopsi AI. Kepercayaan dan dukungan berkelanjutan dari para investor mendorong kami untuk terus menghadirkan inovasi dalam memperkuat ekosistem AI dengan kemitraan bersama komunitas kontributor anotasi data yang beragam, mahasiswa, serta penyandang disabilitas, sehingga memungkinkan mereka berpartisipasi dalam ekonomi AI.”

 

Telkomsel Ventures Pimpin Investasi di Startup Tictag

 

Tictag merupakan startup yang didirikan pada 2019 di Singapura dengan misi meningkatkan pemanfaatan AI oleh semua pihak. Melalui perluasan produk dan layanan inovatif yang berpotensi mendisrupsi pasar, Tictag kini melayani lebih dari 50 perusahaan di berbagai sektor, termasuk real estate, kendaraan otonom, pertanian, dan media di seluruh Asia. Tictag yang telah beroperasi di Singapura, Korea Selatan, Indonesia, Malaysia, Hong Kong, dan Amerika Serikat, berencana untuk memanfaatkan investasi baru guna memperluas jangkauan bisnisnya di Indonesia dan Asia guna mengimbangi pertumbuhan pesat pasar AI di kawasan tersebut.

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Telkomsel Ventures dan dampak berkelanjutan terhadap ekosistem digital dan inovasi dapat diakses pada laman telkomsel.vc dan media sosial @telkomselventures.