Telkomsel Luncurkan Use Case 5G Pertama untuk Industri di Indonesia, Kolaborasi dengan Huawei Pacu Digitalisasi Ekosistem | Telkomsel
BAGIKAN

Telkomsel Luncurkan Use Case 5G Pertama untuk Industri di Indonesia, Kolaborasi dengan Huawei Pacu Digitalisasi Ekosistem

Article
Telkomsel Luncurkan Use Case 5G Pertama

[Bali, Indonesia, 19 Agustus 2024] Penyedia layanan telekomunikasi terkemuka di Indonesia, Telkomsel, telah meluncurkan teknologi 5G standalone (SA) pertama di Indonesia. Telkomsel berkolaborasi dengan penyedia solusi teknologi global Huawei sebagai bagian dari terobosan teknologinya dalam mendorong digitalisasi, khususnya di ekosistem industri pelabuhan.

 

Telkomsel akan menyediakan teknologi 5G SA dengan solusi RAN terbaik untuk mendukung transformasi digital dalam berbagai use case di industri secara menyeluruh, mulai dari Cloud Phone (toC), perangkat Redcap (toH), dan kecerdasan artifisial (AI) untuk pelabuhan (toB). Dengan kolaborasi ini, Telkomsel akan menjadi perusahaan pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi 5G SA yang didukung oleh mobile private network (MPN), network slicing, dan edge computing.

 

Direktur Network Telkomsel, Indra Mardiatna menyatakan, “Sejak peluncuran komersial 5G pada Mei 2021, Telkomsel menjadi operator pertama yang menghadirkan layanan ini di Indonesia. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kapasitas layanan kami melalui adopsi teknologi baru guna dapat memberikan pengalaman terbaik bagi seluruh pelanggan. Kolaborasi bersama Huawei bukan hanya bukti dari inisiatif strategis Telkomsel, tetapi juga selaras dengan semangat Indonesia, yang menginspirasi kami untuk berkontribusi pada kemajuan bangsa. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, kami berkomitmen untuk memastikan bahwa masyarakat Indonesia dapat menikmati lebih banyak manfaat dari teknologi yang dihadirkan, sekaligus menempatkan Indonesia sebagai pemimpin infrastruktur digital di Asia Tenggara.”

 

Wang Xiaming, Director of Huawei Indonesia ICT Marketing & Solution Sales Dept mengatakan, “Selama lima tahun terakhir, 5G telah mendorong perubahan yang cepat dalam industri, jaringan, dan teknologi dengan berbagai potensi use case yang lebih matang dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang hampir tak terbatas, sehingga menciptakan banyak peluang untuk monetisasi. Ke depannya, Huawei akan terus mengembangkan beragam inovasi di berbagai bidang untuk mendukung para operator dan mitra dalam mengembangkan ekosistem industri yang berkelanjutan melalui inovasi yang tiada henti untuk mempercepat dunia menuju era baru 5G komersial.”

 

Dengan menggunakan teknologi 5G SA, Telkomsel akan menghadirkan use case Smart Port yang mencakup teknologi cloud phone, perangkat RedCap, dan AI yang terintegrasi dengan teknologi pengawasan canggih dan beroperasi di jaringan 5G untuk membangun tingkat keamanan dan efisiensi operasional yang lebih tinggi dengan dukungan Mobile Private Network (MPN). Teknologi cloud phone terbaru akan mendukung telepon virtual berbasis cloud untuk mengeksplorasi model bisnis baru menuju efisiensi kerja bagi para pekerja di sistem manajemen pelabuhan yang membutuhkan tingkat keamanan informasi yang tinggi dan respons real-time terhadap operasi data. Selain itu, sistem deteksi AI, yang menampilkan video HD secara real-time, memberikan pengawasan menyeluruh terhadap kompleks pelabuhan serta respon cepat terhadap kecelakaan atau potensi gangguan keamanan.