Tertarik Jadi Shoutcaster? Baca Dulu Tipsnya! | Telkomsel

Tertarik Jadi Shoutcaster? Baca Dulu Tipsnya!

Article
Tertarik Jadi Shoutcaster? Baca Dulu Tipsnya!

Kamu pasti sepakat deh, kalau nonton pertandingan sepak bola tanpa suara dari komentator ibarat makan sayur tanpa garam. Nah, hal ini pun berlaku untuk pertandingan esports. Meski pertandingan berjalan seru di antara kedua tim, tapi kalau nggak ada teriak-teriakan dari shoutcaster tuh kayak berasa ada yang kurang nggak sih?

 

Dalam beberapa tahun ke belakang profesi shoutcaster menjadi sangat dibutuhkan di setiap pertandingan esports. Bahkan, profesi shoutcaster juga tidak kalah hype lho dari profesi sebagai pro player itu sendiri.

 

Penasaran dengan sepak terjang karir di industri esports sebagai shoutcaster, Telkomsel melalui Dunia Games menggelar sebuah talk show bertajuk "Karir Sebagai Shoutcaster? Kenapa Engga?" di ajang Dunia Games Festival (DG Fest) 2021. Talk show virtual ini mengundang sejumlah shoutcaster ternama, di antaranya Justincase, Ohbaby, Wolfy, dan Ranger Emas, serta Ardin Yekti Prabowo dari tim Dunia Games Telkomsel. Dalam sesi bincang-bincang tersebut, para pembicara membedah secara tuntas perjalanan karir sebagai shoutcaster, apa yang mesti dipersiapkan, hingga suka duka yang dirasakan ketika menjadi shoutcaster.

 

Baca Juga: Telkomsel Gelar Dunia Games Festival 2021, Ajang Festival Gaming dan Esports Virtual Terbesar di Indonesia

Shoutcaster lebih dari komentator

Tidak sedikit yang bilang bahwa shoutcaster tak ubahnya komentator dalam sebuah pertandingan game. Tapi menurut para shoutcaster sendiri, profesi ini lebih dari sekadar berkomentar mengenai jalannya pertandingan. Toh, jika tugas seorang shoutcaster hanya mengomentari apa yang ada di dalam layar, semua orang juga tahu itu.

 

Secara garis besar ada beberapa hal yang harus dimiliki oleh shoutcaster, di antaranya harus bisa membangun story, menganalisa pertandingan, serta membuat jalannya game yang dipertandingkan semakin menarik dan mendalam untuk ditonton, tak hanya untuk gamer, tapi juga kalangan non-gamer. Sebisa mungkin shoutcaster memperkenalkan game tersebut agar semakin banyak yang tertarik dan mencoba untuk memainkannya.

 

Baca Juga: Tips Nyaman Bermain Mobile Games

Skill wajib shoutcaster

Terus gimana sih caranya biar bisa jadi shoutcaster? Mungkin kamu berpikir bahwa jadi shoutcaster itu gampang. Ada sejumlah skill yang harus kamu punya untuk menjadi shoutcaster yang andal, di antaranya:

 

  1. Knowledge tentang game

Skill mendasar yang harus dimiliki oleh shoutcaster adalah pemahaman mengenai game yang akan dibawakan. Semakin banyak game knowledge yang dimiliki oleh seorang caster, maka semakin banyak pula pembicaraan yang bisa dilontarkan saat pertandingan berjalan. Di samping knowledge tentang game, kamu juga harus menguasai pengetahuan seputar para pro player beserta timnya.

 

  1. Berani tampil untuk public speaking

Setelah menguasai game, skill berikutnya yang tak kalah penting adalah memiliki keberanian dan mampu untuk public speaking. Percuma kalau menguasai game tapi nggak bisa ngomong di depan umum. Buat kamu yang masih nggak pede dan malu-malu, jangan khawatir. Kemampuan yang satu ini bisa kamu latih secara perlahan. Mulailah dulu untuk menjadi caster di kompetisi kecil, hingga nantinya kamu akan terbiasa dan bisa menjadi shoutcaster di kompetisi besar.

 

  1. Personal branding yang kuat

Memiliki personal branding yang kuat juga menjadi salah satu kunci kesuksesan dari seorang shoutcaster. Sebagai seorang shoutcaster, kamu harus bisa tampil unik dan mempunyai ciri khas atau karakteristik tersendiri, entah itu kamu tampil sebagai shoutcaster yang pintar dalam memberikan analisa, shoutcaster yang lucu, dan sebagainya. Personal branding yang kuat akan memberikan value yang mahal dan berpotensi dikenal khalayak luas.

 

Gimana, makin tertarik jadi shoutcaster? Seiring berkembangnya industri esports di Tanah Air, jalan untuk menjadi shoutcaster semakin terbuka lebar. Sekarang ada banyak banget ajang pencarian bakat shoutcaster. Kamu bisa ikut ajang pencarian bakat seperti PUBG Mobile Campus Championship yang tidak hanya mempertandingkan pro player dari kalangan mahasiswa, tapi juga mencari bakat shoutcaster. Kemudian ada juga ajang Caster Hunt yang diadakan oleh game Free Fire.

 

Telkomsel pun dalam beberapa tahun belakang rutin mengadakan turnamen game, baik skala yang kecil maupun yang besar. Semua kegiatan tersebut, diharapkan akan menjadi wadah bagi para shoutcaster di seluruh Indonesia untuk mengembangkan bakatnya.

 

Nah, buat kamu yang ketinggalan keseruan DG Fest 2021, langsung aja tonton ulang rekaman acaranya di video berikut!