Aifarm Raih Best of The Best di 9th NextDev, Smartcoop Jadi Runner Up: Inovasi Digital untuk Pertanian dan Koperasi Indonesia | Telkomsel

Aifarm Raih Best of The Best di 9th NextDev, Smartcoop Jadi Runner Up: Inovasi Digital untuk Pertanian dan Koperasi Indonesia

Article
9th NextDev

Setelah melalui perjalanan yang cukup panjang, Aifarm dari track Digital Food Ecosystem berhasil meraih gelar Best of The Best Startup di tahap Final Pitching NextDev Summit 2024! Inovasi Aifarm memukau para juri, menjadikan startup asal Bantul, Yogyakarta ini terpilih sebagai yang terbaik.

 

Dengan memanfaatkan teknologi digital berbasis Artificial Intelligence (AI), Aifarm berhasil merevolusi cara kerja di peternakan kambing perah jadi lebih efisien dan ramah lingkungan.

 

Solusi end-to-end yang ditawarkan Aifarm untuk sektor peternakan kambing perah nggak cuma inovatif, tapi juga berpengaruh banget dalam mengubah ekosistem pangan digital di Indonesia.

 

Dengan sistem yang terintegrasi, mereka bisa meningkatkan produktivitas tanpa mengganggu lingkungan serta menciptakan model bisnis yang bisa diadopsi di banyak tempat di Indonesia.

 

Sebelum dinobatkan sebagai Best of The Best Startup, Aifarm telah mengikuti serangkaian tahapan mulai dari bersaing dengan lebih dari 250 startup di Indonesia pada tahap Talent Scouting, hingga Bootcamp, berpartisipasi dalam beragam Expert Talks, dan mengikuti Intensive Mentoring bersama para expert di industri startup untuk memperkuat fundamental bisnis.

 

Kemenangan ini menjadi sebuah perjalanan berharga dan membanggakan bagi Aifarm. Mereka tidak hanya membawa pulang predikat Best of The Best Startup, tapi juga sejuta pengetahuan baru dari para mentor dan juri di 9th NextDev.

 

“Sangat seru dan menyenangkan karena banyak dapat ilmu dari para mentor, juri, dan semua yang terlibat di sini. Sangat tidak menyangka sekali bisa menjadi Best of The Best Startup NextDev tahun ini karena kami benar-benar dari daerah pedesaan,” kata CEO & Co-Founder Aifarm, M. Rizky Pratama di Bengkel Space, Jakarta (14/5).

 

Aifarm punya harapan lebih dari sekadar meraih gelar. Mereka berharap bisa menjadi pionir dalam membuka pintu industri peternakan lebih lebar lagi di Indonesia, melalui digitalisasi.

 

Ini bukan cuma soal bisnis, tapi juga soal membangun masa depan yang lebih baik untuk masyarakat dan memberikan dampak positif untuk perekonomian Indonesia.

 

Smartcoop sebagai Runner Up di 9th NextDev

 

Selain Aifarm, Smartcoop dari track Commerce Enablement menunjukkan perfoma gemilang dengan menjadi Runner Up dalam ajang NextDev tahun ini. Juri melihat inovasi Smartcoop memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan di Indonesia.

 

Aplikasi yang dikembangkan oleh startup asal Bandung ini dirancang untuk membantu pengelolaan koperasi sehari-hari, mulai dari administrasi hingga komunikasi, semuanya dapat dilakukan dengan mudah melalui aplikasi ini.

 

Ke depan, Smartcoop akan terus memanfaatkan inovasi yang mereka miliki agar terus bermanfaat. Smartcoop berkomitmen untuk mengembangkan fitur-fitur baru yang dapat lebih mendukung operasional koperasi, seperti laporan keuangan yang lebih canggih, manajemen inventaris yang lebih efisien, dan platform komunikasi yang lebih terintegrasi.

 

Dengan semangat untuk masa depan, Smartcoop ingin jadi yang terdepan membawa koperasi Indonesia ke era digital, membantu koperasi untuk tumbuh dan berkembang dengan lebih baik.

 

Sekali lagi, congrats untuk Aifarm yang berhasil menjadi Best of The Best Startup dan Smartcoop sebagai Runner Up 9th NextDev. Mari terus bergerak serentak bersama para innovator digital untuk terus berkarya, menginspirasi, serta memberikan dampak bagi kemajuan ekosistem digital Indonesia!