Optimalisasi Digitalisasi Industri Kemaritiman Indonesia, Kolaborasi IDSurvey dan Telkomsel Luncurkan Maritime Cloud Platform | Telkomsel

Optimalisasi Digitalisasi Industri Kemaritiman Indonesia, Kolaborasi IDSurvey dan Telkomsel Luncurkan Maritime Cloud Platform

Article
Kolaborasi IDSurvey dan Telkomsel Luncurkan Maritime Cloud Platform

Jakarta (23/8) – PT BKI (Persero) sebagai Lead Holding BUMN Jasa Survei atau yang dikenal dengan IDSurvey bersama Telkomsel yang merupakan anak usaha BUMN TelkomGroup, berkomitmen dalam mengoptimalisasikan potensi ekonomi dan keberlangsungan Industri Kemaritiman Indonesia melalui transformasi digital. Era baru kemaritiman Indonesia dimulai pada peluncuran Maritime Cloud Platform (MCP) yang diluncurkan pada Jumat, 23 Agustus 2024 bertempat di Batavia Marina Sunda Kelapa, Jakarta Utara yang diluncurkan langsung oleh Menteri BUMN, Bapak Erick Thohir dan disaksikan langsung oleh Menteri Perhubungan, Bapak Budi Karya Sumadi, dan Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia, Bapak Sakti Wahyu Trenggono.

 

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar dengan jalur laut yang strategis, sektor maritim menjadi salah satu sektor vital bagi perekonomian Indonesia. Menyadari pentingnya hal tersebut, IDSurvey berinisiatif untuk menerapkan teknologi digital sehingga dapat meningkatkan efisiensi operasional, keselamatan, kinerja dan manajemen kapal. Inisiatif ini dijalankan dengan sinergi BUMN lain, yakni bersama Telkomsel Enterprise sebagai product power house TelkomGroup yang menyediakan solusi konektivitas dengan teknologi Femtocell 4G yang andal di dalam Maritim Cloud Platform (MCP). Kedepannya, MCP dapat diakses oleh masyarakat baik dalam negeri maupun luar negeri sebagai ekosistem digital maritim yang memadukan tiga teknologi sekaligus diantaranya Cloud Computing, Satellite Constellation dan Artificial Intelligent dengan harga yang terjangkau.

 

Kolaborasi IDSurvey dan Telkomsel Luncurkan Maritime Cloud Platform

 

"MCP ini patut untuk diapresiasi sebagai bagian dari upaya mendukung transformasi ekosistem pelayaran nasional," ujar Erick Thohir, Menteri BUMN, saat menghadiri pre-launching konsep solusi Maritime Cloud Platform (MCP) ID Survey dan Telkomsel di Batavia Marina Sunda Kelapa, Jakarta, 23 Agustus 2024.

 

“Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki jalur laut yang strategis. Sektor maritim menjadi salah satu sektor vital bagi perekonomian Indonesia. Potensi Blue Economy negara kita sangat besar, bagi bangsa ini laut bukan hanya sebagai penghubung, melainkan nadi dari perekonomian, sumber kehidupan, dan simbol kejayaan.” pungkas Erick Thohir.

 

“Platform ini akan sangat membantu dalam meningkatkan keselamatan dan keamanan pelayaran, melalui fitur information system dashboard diiringi dengan komunikasi satelit real-time yang lebih efisien dan reliable, baik antarkapal maupun dengan pusat kendali. Teknologi ini juga akan berguna untuk mempercepat respons terhadap situasi darurat.” ujar Arisudono, Direktur Utama IDSurvey / PT BKI (Persero).

 

Kolaborasi strategis antara Telkomsel dan BKI melalui Sinergi BUMN, merupakan langkah konkret dalam mendukung inisiatif Five Bold Moves dari Telkom Group. Inisiatif ini bertujuan untuk mempercepat digitalisasi di berbagai sektor, termasuk kemaritiman. Dengan menyediakan solusi konektivitas yang andal dan jangkauan yang luas, sinergi ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi operasional, memperkuat keamanan, serta mendorong daya saing nasional di industri maritim. Penguatan sinergi ini juga tidak hanya mendukung transformasi digital, tetapi juga memastikan keberlanjutan industri kemaritiman di era digital yang sejalan dengan visi dan misi Telkomsel untuk senantiasa menghadirkan solusi yang inovatif dan unggul serta berdaya saing tinggi bagi kemajuan bangsa.” ujar Nugroho, Direktur Utama Telkomsel.

 

Kolaborasi IDSurvey dan Telkomsel Luncurkan Maritime Cloud Platform

 

IDSurvey melalui Lead Holding, yaitu BKI sebagai satu-satunya badan klasifikasi nasional memberikan pelayanan yang optimal dengan menghadirkan produk kebanggaan nasional yakni MCP yang memiliki beberapa unggulan diantaranya, one stop solution indutsri maritim dalam hal operasional dan komunikasi, sistem komunikasi satelit yang real-time dapat menghilangkan blind-spot di operasional kapal, terintegrasi dengan data klasifikasi dan statutoria BKI. Lebih lanjut, Telkomsel mendukung dengan menghadirkan solusi Femtocell sebuah solusi yang compact dan terjangkau untuk memperluas konetivitas dengan teknologi andal, memastikan komunikasi dapat diakses oleh semua, termasuk awak kapal yang sedang berlayar di tengah laut lepas.

 

Konsep solusi MCP berkomitmen memberikan jasa pemastian keselamatan dan pelayanan yang optimal seperti one stop solution industri maritim, sistem komunikasi satelit real-time sehingga dapat menghilangkan blind spot di operasional kapal, serta terintegrasi dengan data klasifikasi dan statutoria BKI, tutup Arisudono, Direktur Utama IDSurvey / PT BKI (Persero)